Arti Dari Bacaan Yang Kita Ucapkan didalam Sholat

Arti Dari Bacaan Yang Kita Ucapkan didalam Sholat

Sebagai muslim kita mempunyai kewajiban untuk mengerjakan sholat, tapi apakah kita juga mengetahui arti dari bacaan-bacaan yang  kita ucapkan didalam sholat kita, bisa jadi salah satu faktor yang membuat kita kurang khusyu' adalah karna kita tidak tahu arti dari bacaan yang kita baca.

Bacaan didalam sholat beserta artinya :

 1.Bacaan Iftitah

 اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Artinya : "Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan sore hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkandan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim) "
 2.  Bacaan Al-Fatihah
 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين  . الرَّحْمـنِ الرَّحِيمِ . مَالِكِ يَوْمِ الدِّينإِيَّاكَ نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ 

 اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيم . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ

Artinya : "اDengan nama Allah yang maha Pemurah lagi maha Mengasihani. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang maha pemurah lagi maha mengasihani. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkau kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Iaitu jalan orang-orang yang Engkau kurniakan nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang Engkau murkai dan bukan jalan mereka yang sesat"
3. Bacaan ketika ruku'

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ
Artinya : “Maha Suci Tuhan Yang Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya”
4. Bacaan ketika I'tidal
I'tidal  
Artinya : "Mudah-mudahan Allah mendengarkan (memperhatikan) orang yang memuji-Nya"
رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ
Artinya : “Ya Allah Tuhan kami,Bagi-Mu segala puji,sepenuh langit dan bumi,dan sepenuh barang yang Kau hendaki sesudah itu”
5. Bacaan ketika Sujud

   سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

 Artinya : "Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi serta memujilah aku kepada-Nya"
6. Bacaan ketika duduk diantara dua sujud

Duduk Antara Dua Sujud
Artinya : "Ya Allah ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupilah kekuranganku, sehatkanlah aku, dan berilah rizqi kepadaku"
7. Bacaan Tahiyat Awal

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ


Artinya : "Segala ucapan selamat adalah bagi Allaah, dan kebahagiaan, dan kebaikan. Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepadamu , wahai Nabi, dan beserta rahmat Allah, dan berkatNya. Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada kami pula, dan kepada sekalian hamba-hambanya yang shaleh. Aku bersaksi, bahwa tiada, Tuhan, kecuali Allah. Dan aku bersaksi, bahwa muhammad, hambaNya, dan RasulNya. Ya Allah, berikanlah kebahagiaan kepada Muhammad dan kepada, keluarga Muhammad"
8. Bacaan Tahiyat Akhir 
 
اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
Artinya : "Segala ucapan selamat adalah bagi Allaah, dan kebahagiaan, dan kebaikan. Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepadamu , wahai Nabi, dan beserta rahmat Allah, dan berkatNya. Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada kami pula, dan kepada sekalian hamba-hambanya yang shaleh. Aku bersaksi, bahwa tiada, Tuhan, kecuali Allah. Dan aku bersaksi, bahwa muhammad, hambaNya, dan RasulNya. Ya Allah, berikanlah kebahagiaan kepada Muhammad dan kepada, keluarga Muhammad. Sebagaimana, Engkau telah memberikan kebahagiaan, kepada Ibrahim, dan kepada, keluarga Ibrahim. Ya Allah, berikanlah berkah, kepada Muhammad, dan kepada, keluarga Muhammad. Sebagaimana, Engkau telah memberikan berkah, kepada ibrahim, dan kepada, keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau, Maha Terpuji lagi Maha Mulia"
Itulah arti dari bacaan-bacaan didalam sholat yang kita lakukan setiap hari, semoga dengan mengetahui arti  dari bacaan sholat kita, dapat menjadikan kita lebih menghayati dan  khusyu' lagi dalam mengerjakan sholat.

0 Response to "Arti Dari Bacaan Yang Kita Ucapkan didalam Sholat"

Post a Comment