Teruslah Perbaiki Diri



Ada sebuah kata-kata yang mengatakan "jika kita masih bernilai 6 di mata Allah, maka Allah tidak akan memberikan sesuatu hal yang bernilai Tujuh (7), Delapan (8) apalagi sembilan (9)." Kata-kata ini seakan menjadi "penguat" ketika kita merasa doa-doa yang kita panjatkan belum dikabulkan Allah serta impian-impian besar kita belum terwujud. 

Kata-kata tersebut seolah menggambarkan bahwa kita harus terus memperbaiki diri, terus belajar, terus istiqomah sampai kita memang layak mendapatkan sesuatu yang bernilai lebih dari Enam (6).

Sebagai manusia biasa, wajar memang terkadang kita mempunyai sifat yang tidak sabaran, pagi hari berdoa siangnya doa inginnya tersebut sudah dikabulkan oleh Allah. 

Jika dianalogikan secara lebih sederhana, saat kita kecil pernakah kita ingin sekali membeli mainan yang kita sukai namun orangtua kita tidak mau membelikannya untuk kita, trus apa yang kemudian kita lakukan? pasti kita merengek-rengek sama orang tua kita sambil nangis-nangis atau bahkan ngamuk sampai orang tua kita membelikannya untuk kita.

Sebagian oang tua, jika melihat anaknya merengek-rengek meminta sesuatu ada yang langsung mengabulkan permintaan anaknya dengan membelikan mainan yang diinginkan anaknya. Namun ada juga sebagian orang tua yang tidak langsung membelikan mainan tersebut namun membelikannya dikeesokan harinya untuk dijadikan sebagai kejutan ulang tahun anaknya tersebut atau dengan mengajukan syarat jika dapat nilai bagus disekolah maka mainan tersebut akan dibelikan

Dari kedua contoh diatas jika dikaitkan dengan pembahasan awal maka jika kita merengek-rengek dengan Allah, maka Allah akan segera mengabulkan doa-doa kita dengan segera namun ini berlaku bagi orang-orang pilihan Allah yang memang sudah istiqhomah dalam menjalankan perintah Allah.

Sedangkan untuk contoh yang kedua meskipun kita sudah merengek-rengek kepada Allah dan Allah mendengar segala permintaan kita, namun Allah tidak langsung mengabulkan doa kita. Allah menunggu apakah kita memang benar-benar mau bersungguh-sungguh berubah, memperbaiki amal kita entah itu sholat kita, intensitas ngaji kita hingga jika Allah telah melihat kesungguhan kita maka doa-doa kita akan dikabulkan_Nya

0 Response to "Teruslah Perbaiki Diri"

Post a Comment