Penyebab Timbulnya Budaya Jam Karet




Jamkaret/tidalika.com

Jam karet merupakan sebuah perumpaan lain dari istilah tidak tepat waktu, hal ini seolah seakan sudah menjadi kebiasan yang sering terjadi disekitar kita. Mengapa hal ini bisa terjadi ? berikut faktor-faktor penyebabnya


 1. Kebiasaan Suka Menunda

Menunda adalah fator utama penyebab dari jam karet. Dari awal bangun tidur ketika alarm pagi sudah menyala,  terkadang kita juga berkata "5 menit lagi saja bangunnya, masih ngantuk banget".  Syukur kalau memang 5 menit kemudian kita memang terbangun, kalu tidak? akhirnya terlambat. Kebiasaan menunda memang tak baik, untuk itu mari mulai biasakan diri untuk bersegera dalam melakukan segala sesuatu.

2. Kebiasaan Memaklumi Keadaan

Berapa banyak kita,yang terkadang memaklumi orang yang terlambat memakai alasan macet, hujan dan sebagainya. Kita terbiasa memakluminya, padahal seharusnya bisa saja dia pergi lebih awal untuk menghindari macet atau membawa payung atau jas hujan jika memang dirasa cuaca akan hujan.

3. Menganggap Jam Karet Hal Yang Biasa

Terkadang orang sengaja datang terlambat karena mengira "buat apa datang tepat waktu, toh acaranaya pasti bakal molor juga" atau anak sekolah yang berpikir "ngapain dateng pagi, kelas masih sepi". Mindset seperti inilah yang seharusnya kita rubah. 

Menjadi orang yang tepat waktu dan disiplin itu menarik dan tidak ada ruginya, orang lain pun akan respect kepada kita. Marilah kita belajar untuk tepat waktu dari hal-hal yang kecil dan sederhana sehingga nanti akan menjadi menjadi kebiasaan kita sehari-hari.


0 Response to "Penyebab Timbulnya Budaya Jam Karet"

Post a Comment