Inilah yang membuat kamu susah mendapat kerja



Mendapatkan pekerjaan saat ini bukanlah merupakan suatu perkara yang mudah,  selain banyaknya saingan sesama pencari kerja serta kondisi perekonomian yang tidak begitu baik. Selain itu, terdapat hal lain juga yang menjadi pemicu susahnya untuk mendapat pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat kamu susah mendapatkan pekerjaan :

  • Tidak Ada Orang Dalam   
Sudah bukan rahasia lagi sekarang kalau ingin cepat mendapat pekerjaan,  kamu harus memiliki  koneksi dengan orang dalam perusahaan. 
 Jika kamu punya orang dalam, bisa saja kamu masuk perusahaan tersebut dengan tanpa tes atau bisa saja dengan tes tetapi tes yang hanya bersifat formalitas saja.
  • Jarangnya Lowongan Pekerjaan Yang Sesuai Jurusan 
 Setiap hari banyak lowongan pekerjaan yang dibuat, namun lowongan pekerjaan yang sesuai dengan jurusanmu sangat jarang.  
Kebanyakan lowongan pekerjaan sekarang hanya menerima pelamar yang sesuai dengan jurusan yang dibutuhkan, sangat jarang perusahaan yang menerima pelamar dari jurusan apasaja boleh ikut melamar. ini yang menjadikan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan lebih kecil
  •   Umur Yang Lewat 
Rata-rata perusahaan saat ini menetapkan maksimal umur 27 untuk yang berpengalaman dan maksimal umur 25 untuk pelamar yang non pengalaman untuk menduduki  posisi entry level diperusahaan. 
 Utntuk usia yang lebih dari itu, biasanya kebanyakan perusahaan mencari yang benar-benar telah mempuyai pengalaman untuk menduduki posisi menengah atau toplevel di perusahaan.

  • Skill Yang dimiliki Kurang
Banyak perusahaan yang mensyaratkan nilai TOEFL harus sekianlah, sedangkan kemampuan kamu dalam bidang bahasa tidak terlalu menonjol, akhirnya lowongan pekerjaan yang mensyaratkan seperti itu harus kamu lewatkan.

Itu berarti mengurangi peluang kamu untuk lebih cepat mendapatkan pekerjaan. atau contoh lain perusahaan mengharuskan ada sertifikat pelatihan khusus seperti di dunia pertambangan dan minyak, adakalanya perusahaan mengharuskan persyaratan seperti sertifikat drilling, sertifikat Safety dan lain sebagainya.

  •  Belum Ada Pengalaman  
Permasalahan ini kebanyakan melanda para pencari kerja dari kalangan fresh graduated yang belum memiliki sama sekali pengalaman bekerja. Para HRD perusahaan saat ini banyak yang mensyaratkan minimal mempunyai pengalaman bekerja 1 tahun.
Tapi tidak menutup kemungkinan juga masalah ini juga terjadi kepada para para pencari kerja yang sudah memiliki pengalaman, namun pengalaman yang dimiliknya tidak sama atau tidak berkaitan dengan posisi yang akan dia lamar.  Biasanya hal ini akan berpengaruh pada penilaian pada saat wawancara kerja nantinya

Namun demikian kamu harus tetap optimis menghadapi semua itu, tetap percaya dan yakin bahwa sebentar lagi kamu akan mendapatkan pekerjaanmu.


0 Response to "Inilah yang membuat kamu susah mendapat kerja"

Post a Comment