Istimewanya Adzan Magrib

Istimewanya Adzan Magrib

Dari lima waktu adzan sholat fardu, bagi saya adzan magrib adalah adzan yang istimewa karena dari semua adzan. Adzan magrib adalah adzan yang paling sering didengar dan di "hormati" oleh banyak orang. Saat mendengar adzan magrib, orang yang sedang beraktivitas meninggalkan sementara pekerjaannya hingga adzan selesai berkumandang. 

Adzan magrib juga merupakan adzan yang selalu diputar dihampir seluruh stasiun televisi. Bahkan dulu saat kecil orang tua kita melarang kita keluyuran diluar rumah ketika adzan magrib berkumandang dengan di takut-takutin nanti diculik Syaitan. Dan ternyata memang ada hadisnya demikian

"Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian." (HR. Bukhari Muslim)
 
Saat Ramadhan tiba, adzan magrib juga merupakan sosok yang paling dirindukan dan ditunggu-tunggu kedatangannya. Oh... betapa beruntungnya dirimu wahai adzan magrib sebegitunya dirindukan.

Sholat magrib juga tidak kalah istimewanya dengan adzan magrib karena sholat magrib adalah sholat yang paling sering kita lakukan sejak dari kecil dibandingkan dengan sholat fardu lainnya. Pokoknya klo dah magrib pasti sholat deh kita waktu kecil dahulu. Saat kecil ketika adzan magrib berkumandang kita segera berlari-lari bersama teman-teman ke masjid untuk melaksanakan sholat magrib berjamaah. Meskipun terkadang banyak main-main dan ketawanya saat melaksanakan sholat magrib berjamaah dimasjid, yang hingga akhirnya mengundang amarah dan ceramah para tetua masjid

0 Response to "Istimewanya Adzan Magrib"

Post a Comment