Download Pedoman Program Keluarga Harapan tahun 2016

Sejak tahun 2007 pemerintah Indonesia telah melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai upaya memberi perlindungan sosial bagi Keluarga Miskin (KM). Sebagai bagian dari upaya penanggulangan kemiskinan melalui pemberian bantuan dana tunai bersyarat, dalam jangka pendek PKH diharapkan mampu membantu KM mengurangi beban pengeluaran. 

program keluarga harapan
program keluarga harapan

Pada jangka menengah PKH diharapkan mampu menciptakan perubahan perilaku peserta dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan sehingga menghasilkan generasi yang Iebih sehat dan cerdas. Dalam jangka panjang PKH diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan antar generasi. Peserta PKH hingga tahun 2015 berjumlah 3,5 juta keluarga miskin. Tahun 2016 terdapat penambahan target 2,5 juta keluarga miskin, sehingga jumlah keseluruhan menjadi 6 juta keluarga miskin. 


Kebijakan pelaksanaan PKH untuk kepesertaan kohor 2007-2015 secara umum menggunakan ketentuan sebelumnya, sementara untuk kepesertaan baru kohor 2016 menggunakan beberapa ketentuan baru, di antaranya komponen kesejahteraan sosial yang terdiri atas penyandang disabilitas berat dan lanjut usia 70 tahun ke atas, dan perubahan indeks bantuan dan komponen. Pedoman ini disusun sebagai acuan bagi stakeholder PKH baik di pusat dan daerah dan diharapkan dapat menyamakan gerak langkah semua pihak terkait dalam mensukseskan PKH. Akhir kata kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap penyusunan Pedoman Pelaksanaan PKH, kami sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih.

Jakarta, Maret 2016
Direktur Jenderal
Perlindungan dan Jaminan Sosial

Untuk mendownload dalam format PDF draft pedoman ummum keluarga harapan 2016 silahkan klik  Disini 

Jika dimnita masukan kata sandi atau password masukan : jamsoskel2016
 
 

0 Response to "Download Pedoman Program Keluarga Harapan tahun 2016"

Post a Comment