16 Tips Perbaikan Diri Yang Akan Mengubah Hidup Anda

16 Tips Perbaikan Diri Yang Akan Mengubah Hidup Anda
16 Tips Perbaikan Diri (Image : Pixabay.com)

Apakah anda menyukai kehidupan anda yang saat ini? Apapun jawaban anda, anda memiliki kekuatan untuk membuat hidup anda lebih baik lagidari saat ini.

Kekuatan untuk melakukannya terletak pada diri kita masing-masing. Yang anda butuhkan hanyalah sedikit "dorongan" untuk memulainya. Berikut ada 20 tips perbaikan diri untuk membuat hidup anda lebih baik lagi.


# Cintai Diri Anda
Langkah pertama dalam perbaikan diri adalah belajar untuk mencintai diri sendiri. Sayangnya bagi sebagian orang, hal ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan.

Anda harus belajar untuk menerima siapa anda, serta mensyukuru semua yang telah diberikan oleh Allah kepada anda. Belajar untuk mengenali apa bakat dan keahlian yang anda miliki percayalah pasti ada sesuatu yang istimewa yang telah Allah berikan kepada anda.


# Olahraga
Buat jadwal khusus untuk berolahraga rutin. Bisa dengan melakukan olahraga ringan seperti lari di mingu pagi atau lari di sore hari atau dengan olahraga yang berat seperti pergi ke Gym.

Selain untuk menjaga kebugaran  dan kesehatan tubuh, ini juga akan memperbaiki mood  anda   dan membuat anda merasa lebih baik karena dengan berolahraga banyak melepaskan hormon kedalam sistem tubuh.


# Makan Makanan Sehat
Mulailah  untuk membatasi asupan gula dan makan makanan yang lebih alami seperti buah dan sayuran.

Pada awalnya memang terasa sulit, tapi percayalah semua ini demi untuk kesehatan anda untuk jangka waktu panjang.


# Ubah Kebiasaan Anda
Kita semua mahluk kebiasaan. Terbiasa mengikuti rutinitas yang sama, hari demi hari. Hal ini membuat hidup kita menjadi lebih mudah, tetapi juga membuat kita malas.

Hal sederhana seperti kita menyikat gigi, bukan berarti mengubah kebiasaan dengan tidak menyikat gigi, tetapi cobalah mengubah kebiasaan anda menyikat gigi, jika anda terbiasa menggunakan tangan kanan, cobalah  untuk menyikat gigi dengan tangan kiri. 


# Tentukan Tujuan
Saat anda mengubah kebiasaan anda, anda juga harus fokus menetapkan tujuan untuk diri sendiri. Apa yang akan anda capai dalam 1 tahun kedepan, ataupun lima tahun kedepan. Cobalah untuk menuliskannya di catatan kecil dan visualisasikan.


# Terima Kegagalan
Anda akan gagal, anda akan gagal berkali-kali dalam hidup. bahkan anda harus merangkul kegagalan.

Ketika anda keluar dari zona nyaman, sebagai pribadi anda akan tumbuh dan adalah wajar bahwa anda akan menemui kegagalan. 

Pikirkan tentang kegagalan sebagai berikut : Jika anda pernah melihat balita belajar berjalan, lihat dia banyak jatuhnya. tetapi dia tetap bersemangat sampai pada akhirnya dia bisa berjalan dengan sempurna.

Jangan percaya kebohongan bahwa kegagalan adalah hal yang buruk. Hal yang buruk terjadi jika anda tidak pernak belajar dari kegagalan itu. gagal, belajar dan tumbuh.


# Buat Misi
Anda perlu tahu siapa anda dan apa yang anda prjuangkan. Dengan kata lain, anda perlu membuat sebuah musi pribadi. Jangan pikirkan membuat sebuah misi yang sempurna dulu, hanya dengan sesuatu yang menjelaskan siapa  anda dan dengan berjalannya waktu anda bisa memodifikasinya.


# Bersyukur
Anda harus bersyukur atas semua hal yang anda miliki. Mengapa banyak orang yang berhutang ? karena menreka mengejar kebahagiaan. Mereka berpikir bahwa kebahagian berasal dari banyaknya harta yang mereka miliki, mereka tidak menyadari bahwa kebahagian berasal dari dalam diri mereka sendiri. 


# Belajar Keahlian Baru 
Ketika belajar sesuatu yang baru, kita merasa senang dan bersemangat untuk belajar lebih banyak. Jadi apalagi yang anda tunggu? tulislah hal-hal baru yang ingin anda kuasai lalu mulailah pelajari satu persatu.


# Berhenti Buang-buang Waktu 
Bagaimana anda akan menemukan waktu untuk belajar keahlian-keahlian baru ? Mudah, berhentilah buang-buang waktu. Terutama, berhenti habiskan waktu didepan televisi. Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak menonton televisi berbahaya bagi kesehatan kita.


# Membaca 
Membaca merangsang pikiran. Berapakah buku yang telah anda baca tahun lalu? Bagaimana meenemukan waktu untuk membaca? sederhana, matikan TV 30 menit sebelum anda tidur dan ganti dengan membaca. 


# Meditasi 
Seiring belajar keahlian baru dan membaca, anda juga sebaiknya melakukan meditasi selama 10 menit perhari. Sebagian orang mungkin berfikir bahwa meditasi hanyalah buang-buang waktu, tanpa mengetahui manfaat meditasi lain yaitu membersihkan pikiran-pikiran negatif yang mempengaruhi suasana hati dan kebahagiaan. 


# Deal Dengan Pikiran Negatif dan Emosi 
Seperti disebutkan pada tips pertama tentang belajar untuk mencintai diri sendiri, anda akan selalu memiliki kritik termasuk untuk diri sindiri. Anda perlu belajar untuk mengontrol setiap pikiran negatif dan emosi yang anda miliki. pada awalnya mungkin sulit dilakukan, namun seiring waktu mengendalikan pikiran akan menjadi lebih mudah.


# Menerima Perubahan 
Tidak ada dalam hidup adalah selamanya. Hal-hal terus berubah, usia kita setiap hari, musim berganti ini adalah bagian dari kehidupan. Semakin cepat anda menerima perubahan yang terjadi, semakin cepat anda dapat menjadi orang yang lebih baik lagi


# Menerima Masa Lalu 
Ketika belajar menerima perubahan, berati juga belajar untuk menerima masa lalu. Apa yang berlalu, biarkan berlalu. Biarkan itu bagian dari sejarah hidupmu. 

Satu-satunya yang dapat aanda lakukan adalah belajar dari pengalaman dan melangkah maju. Jika anda tidak bisa belajar untuk melakukannya, anda tidak akan pernah bisa menjadi orang terbaik yang kamu harapkan.


# Kelilingi Diri Dengan Orang-Orang Positif   
Jika anda bergaul dengan orang-orang yang tidak termotivasi, anda jua akan tidak akan termotivasi untuk sukses dalam hidup. Sebaliknya jika anda dikelilingi oleh orang-orang sukses, anda juga akan menemukan kesuksesan.


Itulah ke 16 Tips perbaikan diri yang jika anda lakukan secara konsisten, insya Allah dapat merubah cara berpikir dan juga kehidupan anda.


Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "16 Tips Perbaikan Diri Yang Akan Mengubah Hidup Anda"

Post a Comment