Apa itu trafik blog ?

Trafik adalah pengguna internet yang datang berkunjung ke blog kita. Biasanya untuk mendapatkan informasi tertentu dari blog kita. baik itu yang berkunjung karena faktor kesengajaan, maupun yang datang berkunjung karena faktor ketidaksengajaan. 

Faktor kesengajaan seperti memang dengan sengaja ingin mengunjungi blog kita karena merupakan pembaca setia diblog kita dan ingin membaca artikel terbaru diblog kita. Adapun faktor ketidak sengajaan yaitu seperti ketika pengguna menuliskan sesuatu di search pencarian google, kemudian tertarik mengunjungi blog kita.

Mengapa blogger sangat perlu mementingkan trafik ? 
"di dalam dunia internet, trafik adalah uang "
Pete Cashmore, seorang jutawan blogger memperoleh pendapatan melebihi 60 juta Euro melalui blognya mashable.com trafik blognya melebihi 20 juta unique visitor dalam satu bulan.

Pete memperoleh pendapatan melalui iklan di blog dan juga melalui program affiliate. Banyak pengunjung yang ingin beriklan di blog Pete Cashmore dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang ke blognya.

Trafik sangat penting jika seorang blogger ingin mempunyai pendapatan melalui blognya. Jika kita hanya membuat blog untuk suka-suka, maka trafik blog menjadi hal yang tidak penting.


Banyak cara untuk mendapatkan trafik ke blog, ada cara yang gratisan dan ada juga cara yang berbayar.

Contoh sumber trafik gratisan :
  • Engine pencarian google, yahoo, Bing dan sebagainya
  • Media sosial seperti twitter, facebook dan sebagainya
  • E-mail
  • Forum
Contoh sumber trafik berbayar :
  • Iklan berbayar seperti google adword atau facebook ads
  • Review berbayar dari blog lain
  • Iklan baner dari laman web atau blog orang lain
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan trafik adalah melalui engine pencarian seperti google dan yahoo. oleh sebab itu pengetahuan di bidang SEO sangatlah penting.

Kesimpulannya, trafik blog sebenarnya bisa datang dari berbagai sumber namun yang terpenting adalah  bagaimana caranya agar kita mendapatkan dan meningkatkan trafik yang berkualitas ke blog kita?

Trafik yang berkualitas ini maksudnya pengunjung blog kita yang bisa jadi pembeli produk yang kita jual atau produk affiliate yang kita promosikan.

Faktor utama yang mendukung peningkatan trafik yaitu konten yang berkualitas atau blog yang berisi artikel artikel yang memang bermanfaat bagi orang lain serta banyak dicari orang.

Jadi, ketika anda ingin melakukan postingan sebuah artikel di blog anda, tanyakanlah selalu pada diri anda sendiri "Apakah postingan ini bermanfaat untuk orang lain?"

Dengan begitu anda akan menjadi tertantang dan termotivasi untuk menulis artikel yang bermanfaat.

0 Response to "Apa itu trafik blog ?"

Post a Comment