Cari Kerja itu (Mudah)

Cari Kerja
Cari Kerja (Image : Pixabay.com)


Setelah tamat sekolah atau selesai kuliah biasanya kita disibukkan dengan urusan mencari pekerjaan. Kesana kesini, tanya sana tanya sini pokoknya cari informasi sebanyak-banyaknya agar cepat mendapat  pekerjaan dan terhindar dari cap "pengangguran'.

Siapa sih yang gak sebel klo kita ditanya  kerja dimana klo posisi kita lagi menganggur,  itu sebuah pertanyaan yang paling dibenci deh setelah pertanyaan kapan nikah? hehehe...

Mudah-mudahan tips dan trik berikut ini bisa jadi inspirasi cara mencari pekerjaan, namun hal pertama yang harus ditanamkan di mindset kita bahwa "Mencari kerja itu mudah" karna dengan adanya mindset tersebut kita jadi termotivasi dan semangat untuk mencari pekerjaan sehingga terhindar dari rasa frustasi dan menyalahkan diri sendiri ketika pekerjaan yang kita impikan tak kunjung tiba.

1. Ikut Jobfair
Kalau gak tau jadwal Jobfair, cari di internet. Biasanya dikota-kota besar sering diadakan Jobfair yang diadakan di hotel-hotel atau kampus-kampus.

Kita tinggal bawa CV sebanyak-banyaknya saat Jobfair dan masukin ke stand-stand perusahaan yang tersedia. Pilih perusahaan yang membutuhkan karyawan sesuai jurusan atau passionmu biar nanti jika diterima kamu semangat kerjanya.


2. Ikut Situs Penyedia Lowongan Kerja

Daftar di situs penyedia lowongan kerja, disana tersedia ribuan lowongan pekerjaan diberbagai kota di Indonesia bahkan didunia.

Kita cukup mengisi aplikasi dan mengupload CV maka nanti akan dikirimkan lowongan-lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita atau bagi para pengguna Android install aplikasinya di Handphone agar lebih memudahkan. Cukup banyak situs penyedia lowongan kerja  contohnya seperti www.Jobstreet.com , jobsdb.com, dan lainnya.


3. Cek Lowongan kerja di website Kampus
Jika tidak tau nama website  kampus, googling saja misalnya  kampus UGM, ITS, POLSRI, UNSRI dan lain-lain biasanya terdapat lowongan kerja meskipun bersifat internal untuk mahasiswa kampus tersebut, tapi tidak menutup kemumngkinan juga menerima para pelamar dari luar lingkungan kampus tersebut.


4. Cek Website Perusahaan
Perusahaan-perusahaan besar seperti Unilever, Petrokimia, Astra, dan lainnya biasanya merekrut karyawan melalui websitenya masing-masing. Jadi harus rajin-rajin buka website perusahaan tersebut.


 
5. Gabung Grup Facebook Bertema Lowongan kerja
Dengan join didalam grup yang bertemakan Lowongan kerja, bisa update informasi-informasi lowongan kerja terbaru dan bertukar pikiran sesama anggota grup.

Banyak grup-grup Facebook yang bertema Lowongan keja contohnya : Loker Sejabotabek, Palembang Jobs dan lainnya. Cari saja di pencarian facebook banyak kok.


6. Baca Koran atau Mading di Kantor Pos
Biasanya koran pada hari sabtu dan minggu banyak terdapat iklan lowongan kerja,  Contohnya Kompas Karir, atau juga pergi ke kantor pos lihat madingnya biasa di tempel pengumuman lowongan kerja terbaru.


7. Tanya temen, Saudara, Kakak Tingkat
Tanyakan pada temen, saudara atau kakak tingkat yang sudah bekerja, apakah ada lowongan pekerjaan diperusahaan mereka.

Meskipun tidak ada, tetapi jika kita bertanya pada mereka jika suatu saat nanti perusahaan mereka membuka lowongan pekerjaan maka dia akan ingat dan akan memberitahu kita.


Setelah semuanya sudah dicoba, namun tak kunjung juga mendapat panggilan pekerjaan mungkin ada yang salah dengan Lamaran dan CV kamu, coba kreatif sedikit dengan mengganti CV semenarik mungkin.

Dan yang terakhir jangan sampai ketinggalan setelah usaha dilakukan iringi juga dengan doa, libatkan Allah. Berdoalah dengan sungugh-sungguh dan sesering mungkin insya Allah akan dikabulkan.

Smoga Allah senantiasa mendengar dan mengijabah doa-doa kita....

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cari Kerja itu (Mudah)"

Post a Comment